Selasa, 24 Januari 2012

CARA MUDAH MEMPELAJARI KOMPUTER



Di dalam komputer ada yang di sebut dengan nama HARDWARE (perangkat keras) SOFTWARE (perangkat lunak), pertama-tama kita belajar untuk mengetahui apa itu arti hardware, hardware adalah perangkat keras yang dimana bagianya antar lain : mouse, keyboard, monitor, speaker, CPU, printer, dll. Nah disini saya akan menjelaskan apa itu yang di maksud dengan :

MOUSE
Mouse adalah alat pemindah/kursor yang di gunakan untuk menunjuk ke arah program yang ingin di buka. Jenis dan bagian bagian mouse yang digunakan pada komputer dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu:


1. Mouse mekanis, mouse mekanis menggunakan sejenis bola karet sebagai sensor penggeraknya, cara kerjanya yaitu dengan mendeteksi gerakan bola keatas dan kebawah dan menyentuh sensor x dan y.

2. Mouse optical, mouse optical memanfaatkan sensor cahaya untuk mengendalikan pergerakannya. Mouse jenis ini lebih leluasa dan praktis dalam menggunakannya.

3. Mouse wireless, mouse wireless tidak menggunakan kabel untuk menyalurkannya ke computer. Mouse jenis ini menggunakan teknologi Bluetooth maupun frekuensi radio sebagai media penyalurannya dengan computer. Sedangkan cara kerjanya mirip dengan mouse optical.


KEYBOARD

Keyboard adalah sebuah alat ketik pada komputer, kita bisa membuat huruf dan angka di dalamnya. Jenis-jenis keyboard:
  1. Keyboard Serial (kini sudah jarang digunakan)
  2. Keyboard PS/2 (sudah jarang dipakai)
  3. Keyboard USB (paling populer saat ini)
  4. Keyboard Wireless (antara keyboard ke PC tanpa kabel, masih jarang dipakai dan masih mahal)
Berikut gambarnya:
Port Serial
serial_plug
Keyboard Wireless
keyboard ps2keyboard_wireless
Port PS/2


MONITOR

Monitor adalah alat untuk menampilkan gambar pada komputer.
Terdapat 2 jenis unit layar tampilan yang biasa digunakan untuk komputer yaitu :
1. Layar monitor berbentuk pipih atau sering disebut monitor Kristal cair (liquid crystal display – LCD), yang kebanyakan digunakan pada komputer notebook, namun saat ini juga sudah dipakai untuk PC.
- Jenis LCD biasa, berteknologi model penyinaran belakang (backlit) dan penyinaran samping (sidelit)
- LCD TFT (thin film transistor) atau matriks aktif, setiap pisel dikendalikan oleh satu transistor.

2. Layar monitor tabung atau disebut CRT (cathode ray tube) bentuknya seperti layar televisi yang digunakan untuk komputer jenis desktop atau PC. Monitor CRT jenisnya monokrom dan warna. Monokrom warna yang paling popular adalah hijau, kuning, dan putih. Setiap piksel terdiri dari satu dot (titik), sehingga memberikan image lebih tajam. Sedangkan monitor warna, warna monitor ditentukan oleh warna fosfor pada layar CRT. Setiap piksel terbentuk dari tiga titik. Monitor monochrome mempunyai fosfor warna tunggal (putih). Monitor warna menggunakan gabungan tiga fosfor berwarna merah, hijau dan biru (Red, Green dan Blue). Gabungan tiga fosfor membentuk satu piksel, maka terdapat tiga pancaran bagi tiga warna yang menembak dengan kekuatan-kekuatan lain untuk membentuk warna-warna yang lain.


SPEAKER

Speaker adalah alat yang di gunakan untuk mendengarkan suara pada computer, misalnya anda ingin mendengarkan music or mendengarkan suara video anda hanya tinggal menghidupkan speaker computer yang ada di komputer anda jenisnya bermacam-macam ada yang dua atau satu speaker, ada yang besar maupun yang kecil. Kalo emang hobinya dengerin music di computer keras-keras, tinggal beli ajja speaker yang ngebass, ya walaupun harganya ngebass juga... hehehe.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar